Selamat Datang

Selamat datang di tbp-unj.blogspot.com. Blog ini merupakan blog pembelajaran Teori Belajar dan Pembelajaran.

Jumat, 28 Oktober 2011

Jenis-jenis Metode Pembelajaran dan Penerapannya

Dalam praktek pembelajaran terdapat beragam jenis metode pembelajaran dan penerapannya. Penulis mencatat setidaknya terdapat sebelas metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Kesebelas metode tersebut adalah (1) metode proyek, metode ini bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi  yang berhubungan sehingga pemecahannya secara komprehensif dan bermakna. (2) metode eksperimen, metode ini mengedepankan aktivitas percobaan, sehingga siswa mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. (3) metode tugas /resitasi, dalam metode ini guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. (4) metode diskusi, dalam metode ini siswa dihadapkan pada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan  yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama. (5) metode sosiodrama, dalam metode ini siswa mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial.
Jenis-jenis metode pembelajaran lainnya adalah (6) metode demontrasi, metode ini mengedepankan peragaan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya atau tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. (7) metode problem solving, metode ini mengedepankan metode berfikir untuk menyelesaikan  masalah dan dukung dengan data-data yang ditemukan. (8) metode karya wisata, metode ini mengajak siswa ke luar kelas dan meninjau atau mengunjungi obyek-obyek lainnya sesuai dengan kepentingan pembelajaran. (9) metode tanya jawab, metode ini menggunakan sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh para siswa. (10) metode latihan, metode ini dimaksudkan untuk menanamkan sesuatu yang baik atau menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu, (11) metode ceramah, metode ini merupakan metode tradisional  karena sejak lama metode ini digunakan oleh para pengajar. Namun demikian metode ini tetap memiliki fungsinya yang penting untuk membangun komunikasi antara pengajar dan pembelajar.
Dari beberapa penjelasan tentang jenis-jenis metode pembelajaran di atas maka dapat dikemukakan bahwa betapa banyak metode pembelajaran yang bisa digunakan oleh seorang guru atau tenaga pengajar. Karena itu dalam penerapanya diperlukan kreativitas dan variasi dalam menggunakan metode pembelajaran

baca selanjutnya : Pendekatan Quantum Teaching

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar