Selamat Datang

Selamat datang di tbp-unj.blogspot.com. Blog ini merupakan blog pembelajaran Teori Belajar dan Pembelajaran.

Senin, 31 Oktober 2011

Sumber Belajar


Pendahuluan
Kompetensi dasar: Mahasiswa akan mampu mendeskripsikan hakekat sumber belajar dan penerapannya.
Indikator: Mahasiswa akan mampu
1.      menjelaskan pengertian sumber belajar
2.      menjelaskan macam-macam sumber belajar
3.      menguraikan peran sumber belajar dalam belajar dan pembelajaran
4.      menguraikan pendekatan belajar berbasis aneka sumber (BEBAS)
  1. Pengertian Sumber Belajar
   .            Beberapa pengertian mengenai sumber belajar sebagai berikut:
       - Sumber belajar adalah sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dengan sengaja & dibuat agar memungkinkan siswa belajar sendiri secara individual (Percival &  Ellington, 1988)
       - Semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan untuk memberikan fasilitas belajar (AECT, 1986)
Dari pengertian tersebut berarti  sumber belajar bisa meliputi segala sesuatu yang digunakan untuk memfasilitasi belajar.   Sumber belajar meliputi; pesan, manusia, material/ bahan,  peralatan, teknik dan lingkungan yang dipergunakan secara sendiri-sendiri maupun dikombinasikan unutk memfasilitasi terjadinya tindak belajar. (AECT, 1997)
Selanjutnya menurut AECT sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi dua,yaitu:
1). Sumber belajar yang direncanakan (by design): semua sumber belajar yang secara khusus telah dikembangkan sebagai “komponen” sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
2). Sumber belajar karena dimanfaatkan (by utilization): sumber-sumber yang tidak secara khusus didesain untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan dan digunakan untuk keperluan belajar.

  1. Macam-macam Sumber Belajar
Untuk lebih memberikan gambaran yang rinci tentang macam-macam sumber belajar adalah sebagai berikut:
    1. Pesan (message): informasi yang akan disampaikan dalam bentuk ide, fakta, makna dan data.
    2. Manusia (people): orang-orang yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah dan penyalur pesan.
    3. Bahan media software (materials): perangkat lunak yang biasanya berisi pesan.
    4. Peralatan hardware (device): perangkat keras yang digunakan untuk meyampaikan pesan yang terdapat dalam bahan.
    5. Teknik (technique): prosedur atau langkah-langkah tertentu  dalam menggunakan bahan, peralatan, lingkungan, dan orang untuk menyampaikan pesan.
    6. Latar (setting): lingkungan di mana pesan itu diterima oleh pemelajar.

  1. Manfaat Sumber Belajar Dalam Belajar Dan Pembelajaran
Manfaat sumber belajar tiada lain adalah untuk memfasilitasi manusia belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Secara rinci dapat disebutkan manfaat dari sumber belajar,  yaitu:
a.           Dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit dan langsung. Misalnya: pergi berdarmawisata ke pabrik-pabrik, ke pelabuhan dan lain-lain.
b.          Dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi, atau dilihat secara langsung. Misalnya: model, denah, foto, film, dan lain-lain.
c.           Dapat menambah dan memperluas cakrawala saian yang ada di dalam kelas. Misalnya buku teks, foto film, nara sumber, dan lain-lain
d.          Dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru. Misalnya buku teks,buku bacaan, majalah dan lain-lain.
e.           Dapat membantu memecahkanmasalah pendidikan baik makro maupun dalam lingkup mikro. Misalnya penggunaan modul unutk UT dan BJJ (makro), simulasi, pengaturan lingkunagn yang menarik, pengunaan  OHP, dan film (mikro).
f.           Dapat memberikan motivasi positif, lebih-lebih bila diatur dan dirancang secara tepat.
g.          Dapat merangsang untuk berfikir lebih kritis, merangsang untuk bersikap lebih positif dan merangsang untuk berkembang lebih jauh.Misalnya dengan membaca buku teks, buku bacaan, melihat film,dan lain sebaginya yang dapat merangsang si pemakai untuk berfikir, menganalisa, dan berkembang lebih lanjut.

Untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal, maka kita harus mengetahui ciri-ciri dari sumber belajar tersebut. Adapun ciri-ciri dari sumber belajar adalah:
1.      Sumber belajar mempunyai daya  atau kekuatan yang dapat memberikan sesuatu yang kita perlukan  dalam proses pengajaran. Jadi walaupun ada sesuatu daya, tetapi tidak memberikan sesuatu yang kita inginkan, sesuia dengan tujuan pengajaran, maka sesuatu daya tersebut tidak dapat disebut sumber belajar. Misalnya ada seorang ahli dalam bidang kesehatan, tetapi saat itu kita membutuhkan seorang ahli dalam bidang elektronika, maka ahli dalam bidang kesehatan tersebut bukan sumber belajar, karena dia tidak dapat memberi daya yang kita perlukan.
2.      Sumber belajar dapat merubah tingkah laku yang lebih sempurna sesuai dengan tujuan. Apabila dengan sumber belajar  membuat seseorang berbuat dan bersikap negatif, maka sumber belajar tersebut tidak dapat disebut sebagai sumber belajar.
3.      Sumber belajar dapat dipergunakan secara sendiri-sendiri (terpisah), tetapi juga dapat dipergunakan secara kombinasi (gabungan).
4.      Sumber belajar dibedakan menjadi dua, yaitu sumber belajar yang dirancang (by designed), dan sumber belajar yang tinggal pakai (by utilization). Sumber belajar yang dirancang adalah sesuatu yang memang dari semula dirancang untuk keperluan belajar, sedangkan sumber belajar yang tinggal pakai adalah sesuatu yang mulanya tidak dimaksudkan untuk kepentingan belajar, tetapi kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan belajar. Ciri utama sumber belajar yang tinggal pakai adalah tidak terorganisir dalam bentuk isi yang sistematis, tidak memiliki tujuan pembelajaran yang eksplisit, hanya dipergunakan menurut tujuan tertentu dan bersifat insidental, dan dapat dipergunakan untuk berbagai tujuan pembelajaran yang relevan dengan sumber belajar tersebut.

Selain memiliki ciri-ciri seperti di atas, terdapat empat faktor yang berpengaruh terhadap sumber belajar: 1) faktor perkembangan teknologi, 2) faktor nilai budaya setempat, 3) faktor ekonomi, 4) dan faktor pemakai.
Adapun hal-hal  yang perlu diperhatikan pada saat memilih sumber belajar adalah:
1.      Tujuan yang ingin dicapai
Ada sejumlah tujuan yang ingin dicapai, dengan menggunakan sumber belajar. Apakah sumber belajar dipergunakan untuk menimbulkan motivasi, untuk keperluan pengajaran, untuk keperluan penelitian, ataukah untuk memecahkan masalah. Kita menyadari bahwa masing-masing sumber belajar memiliki kelebihan dan kekurangan.
2.      Ekonomis
Ekonomis apabila dapat digunakan oleh banyak orang, dalam kurun waktu yang relatif lama, serta pesan yang terkandung lebih dapat dipertanggungjawabkan kadar ilmiahnya. Seperti misalnya penayangan program kuliah jarak jauh melalui sumber belajar TV, dengan menampilkan seorang pakar yang representatif
3.      Praktis dan sederhana
Sumber belajar yang praktis dan sederhana, yang tidak memerlukan peralatan dan perawatan khusus tidak sulit dicari, tidak mahal harganya, dan tidak memerlukan tenaga terampil yang khusus, adalah sumber belajar yang harus mendapatkan prioritas utama dan pertama.
4.      Mudah didapat
Sumber belajar yang baik adalah yang ada di sekitar kita dan mudah di dapat. Kita tidak perlu membeli produk dari luar negeri atau memproduksi sendiri. Bila disekitar kita telah tersedia, dan tinggal menggunakan. Yang terpenting adalah  sesuaikan sumber belajar tersebut dengan tujuan yang ingin dicapai.  
5.      Fleksibel atau luwes.
Sumber belajar yang baik harus dapat dimanfaatkan  dalam berbagai kondisi dan situasi. Semakin fleksibel, maka akan semakin mendapat prioritas untuk dipilih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar